Kamis, 14 April 2016

Peningkatan kapasitas petugas dalam pemantauan balita

Peningkatan kapasitas petugas promosi kesehatan dalam pemantauan kesehatan balita sangat diperlukan. Kegiatan yang dipelopori seksi gizi Dinas Kesehatan Kab. Kulonprogo ini bertujuan meningkatkan kapasitas petugas promosi kesehatan dalam rangka pemantauan kesehatan pada balita. 

Pada pertemuan ini dibahas 2 hal yaitu pemantauan pertumbuhan dan pemberian makanan pada bayi dan anak. 

Upaya pemantauan terhadap pertumbuhan Balita dilakukan melalui kegiatan penimbangan di Posyandu secara rutin setiap bulan. Pemantauan pertumbuhan di posyandu meliputi pengukuran TB,dan BB. Standar yang digunakan untuk menilai pertumbuhan adalah standar WHO 2006.

Salah satu hal yang mempengaruhi pertumbuhan adalah pemberian makanan pada bayi dan anak(PMBA). Pola pemberian makan terbaik bagi bayi dan anak sejak lahir sampai umur 24 bulan  sebagai berikut : (1) Menyusui segera dalam waktu satu sampai dua jam pertama setelah bayi lahir (IMD), (2) Menyusui secara eksklusif sejak lahir sampai bayi berumur 6 bulan, (3) Mulai memberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang baik dan benar sejak bayi berumur 6 bulan; dan (4) Tetap menyusui sampai anak berumur 24 bulan atau lebih.

Penyampaian materi tidak hanya dalam bentuk teori tetapi juga praktek. Praktek yang dilakukan adalah cara mengukur TB menggunakan microtoice, pengukuran PB menggunakan infantometer, cara pemasangan dacin, pengisian KMS, praktek pemberian makanan pada bayi dan balita untuk usia 6 bulan,6-9 bulan,9-12 bulan, dan 12 - 24 bulan, serta bermain peran cara penyuluhan pada ibu balita.  (Promkes/fe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar